33.1 C
Banjarmasin
Rabu, Mei 29, 2024

Apa Perbedaan Konsultan Public Relation dengan PR Internal?

Must read

Di dalam suatu perusahaan, tentu ada divisi public relation (PR). Namun, di luar kantor juga ada “public relation” yang lain yakni communication consultant, alias sering disebut konsultan public relation.

Konsultan public relation memiliki tugas sebagai orang (atau grup) yang memberikan konsultasi dalam rangka membantu sebuah perusahaan atau individu tertentu mengkomunikasikan brand, produk, jasa, dan sebagainya kepada publik. Konsultan public relation merupakan salah satu profesi yang hadir karena perkembangan teknologi dan komunikasi.

Secara umum, konsultan PR bertugas untuk menjadikan brand awareness di mata publik menjadi lebih baik. Namun, pertanyaannya adalah, bila setiap perusahaan atau kantor juga memiliki divisi public relation, lalu apa kegunaan konsultan PR? Kemudian, apa pula perbedaan tugas keduanya?

Public relation internal di dalam perusahaan, atau sering juga menggunakan istilah “humas” (hubungan masyarakat). Kegunaan atau kewajiban dari divisi public relation ialah untuk membangun citra perusahaan, komunikasi, dan hubungan kerja di dalam atau internal perusahaan. Karena itu, disebut pula dengan nama PR internal.

Sedangkan konsultan PR bertugas untuk mengkomunikasikan brand atau produk/jasa ke publik secara luas. Dalam menjalankan kerjanya, konsultan ini menggunakan berbagai metode. Pertama, mereka melakukan analisa terhadap suatu produk atau brand, serta melihat target pasar yang disasar perusahaan tersebut. Berdasarkan analisis inilah, konsultan memberikan langkah-langkah yang mesti dibuat dan dijalani, beserta strategi yang paling tepat untuk promosi atau campaign suatu produk.

Konsultan PR biasanya berbentuk tim untuk mendukung kinerjanya. Tim tersebut mulai dari menganalisa, membangun strategi komunikasi, dan sebagainya. Terpenting, konsultan public relation memiliki tugas untuk menangani setiap masalah yang menimpa perusahaan tertentu dikarenakan isu-isu yang menyebabkan krisis.

Secara khusus, konsultan ini bertugas untuk menciptakan opini publik yang positif dan sesuai dengan visi perusahan kliennya. Apabila selama ini perusahaan tersebut sudah menjalankan strategi marketing dan promosi untuk membangun citranya di mata masyarakat, maka jasa ini akan mengevaluasinya.

Apabila dirasa kurang tepat, maka konsultan akan mencari cara untuk membenahi strategi komunikasi tersebut. Jadi, bukan berarti PR consultant ini akan mengikuti saja apa yang sudah pernah dilakukan perusahaan sebelumnya.

Tentunya, perusahaan yang sedang membangun citra dan meningkatkan kepercayaan publik. Manfaat dan dampak dari kinerja PR konsultan tentunya tidak hanya membuat penjualan menjadi meningkat, tapi sekaligus membuat perusahaan memiliki citra yang positif di masyarakat.

Jadi, itu tadi perbedaan dan penjelasan sedikit tentang Konsultan Public Relation. Agar perusahaan Anda bisa mendapatkan jasa konsultan yang tepat, Anda bisa mencari jasa penyedia konsultan tersebut yang sudah terpercaya. Anda bisa mempelajari dari portofolio, track record dan testimony klien sebelumnya, agar bisa mendapatkan jasa konsultan public relation terbaik untuk kebutuhan perusahaan Anda.

Tertarik menggunakan jasanya?

Sumber: muliapr.id

- Advertisement -spot_img

More articles

- Advertisement -spot_img

Latest article